Thursday, December 17, 2015

BADMINTON JEPANG



   Budaya Jepang terkenal dengan berbagai macam keunikan dan kreativitasnya yang dapat membuat orang asing terpukau hingga terkesan saat mendengar maupun melihatnya. Tidak hanya dalam kebudayaan saja yang terbilang menarik untuk diteliti atau di ikuti, dalam bidang permainan pun seperti olahraga tidak luput dari perbincangan orang-orang. Misalnya seperti sepak bola, bahkan Jepang membuat anime yang sangat populer seperti Tsubasa. Wah, kalau diingat-ingat kembali sewaktu SD-SMP dulu kartun yang paling ditunggu ialah Captain Tsubasa. Meskipun suka heran mengapa satu game saja bisa berepisode-episode. Sekali nendang jangka waktunya bisa sampai membuat yang nembak atau yang mau curi bola atau pun yang menangkap bola bisa sampai flash back ke masa lalunya. Kadang anime itu konyol, tapi mampu membuat orang penasaran dan membuat anime tersebut menjadi icon atau terkenal di banyak negara.



   Berbicara soal olahraga, Jepang mempunyai prestasi gemilang tahun 2014, loh.
Mau tahu prestasi gemilangnya?? Tahun lalu ketika ada ajang kompetisi Thomas Cup 2014, Jepang untuk pertama kalinya berhasil masuk ke final Thomas Cup 2014!!!
Mereka berhasil menang dan melaju ke final setelah mengalahkan China yang terkenal sebagai rajanya bulutangkis dunia. Banyak penonton mengira Jepang tak akan lolos melawan China. Bahkan banyak negara yang tidak ingin bertemu dengan China di babak-babak awal. Memang hingga saat itu China masih menjadi yang terkuat dalam BADMINTON. Dan tidak terkalahkan.
Di final Jepang bertemu dengan Malaysia, yang berhasil mengalahkan Korea di semifinal. Banyak kejutan yang dihasilkan oleh negara-negara non-unggulan. China, Korea dan Indonesia merupakan urutan yang paling berpotensi untuk berjumpa di semi final dan final. Siapa sangka tahun 2014 melahirkan kejutan-kejutan yang tak terduga oleh banyak orang.
Melihat hasil ini tentu menjadi sejarah tersendiri, sebab dari tahun 1958 Jepang belum pernah sekali pun masuk ke final dan menjadi juara dalam ajang Thomas Cup.
Jepang pertama kali masuk final dan langsung menjadi juara. 

Sampai sejauh ini Indonesia masih memimpin dengan 13 kali kemenangan Thomas Cup, disusul oleh China, Malaysia dan terakhir Jepang. 
1. Indonesia, 13 kali kemenangan (1958, 1961, 1964,1970, 1973, 1976, 1979, 1984, 1994, 1996, 1998, 2000, 2002) 
2. China, 9 kali kemenangan (1982, 1986, 1988, 1990, 2004, 2006, 2008, 2010, 2012)
3. Malaysia, 5 kali kemenangan (1949, 1952, 1955, 1967, 1992)
4. Jepang, 1 kali kemenangan (2014) 

Lalu bagaimana perkembangan olahraga BADMINTON saat ini? Dalam tahun 2015 ini memang terbilang China tidak terlalu mendominasi. Sangat menarik melihat final setiap tournament, berbagai negara sudah mulai menunjukkan kekuatan yang membuat rata.Kita pasti rindu dengan kejayaan Indonesia di era Susi Susanti, saat itu BADMINTON Indonesia sangat kuat dan mendominasi dimana-mana. Bahkan dalam Olimpiade 2012, Indonesia sempat terhenti tradisi emas olimpiade. Saat itu masa-masa yang kurang baik bagi Indonesia. Namun di tahun berikutnya Indonesia mulai bangkit. Dan hingga saat ini yang membuat kejutan ialah pemain-pemain dari Jepang.
Ada beberapa keunikan dalam budaya Jepang yang terlihat pada pemain Jepang. Seperti sebelum memulai pertandingan, pemain tersebut membungkuk kepada pelatih dari lapangan. Ini sesuatu yang menarik. Lalu ketika interval, pemain Jepang membungkuk di samping wasit menghadap ke penonton. Style dalam rambut pun begitu beragam dan manis. Ada yang mengepang poninya, memakai pernak pernik jepitan rambut dan sebagainya.
Kemudian ketika pemain Indonesia atau pun negara lain melawan ganda putri, pasti akan terus bermain rally-rally panjang dan terkadang mata ini lelah melihatnya :3 bermain dengan pemai-pemain Jepang harus memiliki fisik yang kuat dan harus rajin mengerjar atau pun mengambil bola. Jepang yang tadinya tidak terlalu terlihat dalam BADMINTON, saat ini mereka daun-daun muda yang mampu melintasi berbagai rintangan dan muncul sebagai pesaing yang harus diperhitungkan. This is BADMINTON! :)





Info lainnya bisa di cek di sini ya :)
http://www.thestar.com.my/Sport/Badminton/2014/05/25/Thomas-Cup-Malaysia-vs-Japan-live-updates/

No comments:

Post a Comment